Danau Kelimutu Flores: Danau Unik 3 Warna

Danau Kelimutu Flores: Danau Unik 3 Warna

Keindahan alam Nusa Tenggara Timur memang sangat beragam, salah satu yang terkenal dengan keindahannya adalah Danau Kelimutu. Secara geografis, Danau Kelimutu terletak di Taman Nasional Kelimutu, tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kalimutu, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu terletak di ketinggian 1.639 mdpl atau sekitar 5.377 kaki, dengan luas mencapai 1.051.000 meter persegi, dan ketinggian dinding kawah hingga 200 meter. Selain memiliki kemiringan dinding hingga 70 derajat, danau yang memiliki arti gunung yang mendidih masuk kedalam bagian Taman Nasional Kelimutu.

Akses menuju Danau Kelimutu ini pun tidaklah sulit, Untuk para traveler yang berasal dari luar kota dapat menggunakan pesawat dengan tujuan bandara Kabupaten Ende yaitu H. Hasan Aroeboseman. Kemudian traveler dapat langsung menuju Desa Moni yang berjarak 65 kilometer dari bandara. Kemudian para traveler dapat melanjutkan perjalanan dari Desa Moni yang dapat ditempuh dengan waktu 30 menit dengan berjalan kaki. Bagi para traveler yang hendak berkunjung ke Danau Kelimutu disarankan agar menyewa kendaraan bermotor, karena minimnya transportasi umum di Kabupaten Ende atau juga dapat melalui jasa travel yang tersedia di seluruh tanah air.

Selain memiliki keindahan alam, pesona Danau Kelimutu juga dibalut dengan beberapa sejarah atau mitos yang dipercayai oleh masyarakat asli yang tinggal dekat dengan Danau Kelimutu. Terdapat beberapa versi dari cerita sejarah yang dipercaya oleh masyarakat, salah satu yang paling populer adalah bahwa dikisahkan puncak Kelimutu dihuni oleh ratu beserta rakyatnya, namun terdapat dua orang masyarakat yang memiliki kelebihan dalam ilmu sihir keduanya adalah Ata Bupu dan Ata Polo. Masyarakat sekitar percaya bahwa pertikaian antara Ata Bupu dan Ata Polo menjadi cikal bakal terbentuknya Danau Kelimutu. Masyarakat percaya bahwa ketika warna air yang terdapat pada Danau Kelimutu berubah, akan terjadi sebuah bencana yang akan melanda masyarakat sekitar.

Untuk saat ini para traveler yang ingin berkunjung ke Danau Kelimutu harus melalui Booking Online, aturan tersebut sudah diatur dalam peraturan yang diatur oleh pengurus Taman Nasional Komodo. Beberapa peraturan tersebut diantaranya adalah:

  1. Para traveler harus mendaftarkan diri dengan cara mengakses booking online dengan menghubungi nomor WA Taman Nasional Kelimutu di 082110103335.
  2. Kemudian para traveler bisa mulai mengetik “halo” dan menunggu respon dari pihak terkait. Pihak Taman Nasional Kelimutu akan menampilkan beberapa opsi diantaranya adalah :
    – Kuota pengunjung
    – Harga tiket
    – Pesan tiket
    – Panduan protokol new normal Kelimutu
    – Dan info lain
  3. Setelah melihat info-info di atas, para traveler dapat langsung memesan tiket di menu yang tertera.
  4. Setelah memesan tiket, maka para traveler akan diberikan beberapa form yang perlu diisi.
  5. Ketika form selesai diisi, maka akan diberikan kode booking kepada pihak Taman Nasional Kelimutu.
  6. Ketika semua proses selesai, maka pembayaran dapat dilakukan ketika para traveler sudah sampai di lokasi.

Harga tiket masuk Taman Nasional Kelimutu ini terbilang relatif murah, para traveler cukup membayar sekitar 20.000 rupiah untuk pengunjung domestik dan 150.000 rupiah untuk wisatawan asing. Untuk para traveler yang membawa kendaraan tidak perlu bingung, karena disediakan lahan parkir di Taman Nasional Kelimutu, untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya 5.000 rupiah sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya 10.000 rupiah. Untuk metode pembayaran para traveler tidak perlu bingung, karena tersedia alat pembayaran non-tunai seperti debit dan kredit. Di Sekitar lokasi danau pun sudah tersedia beberapa fasilitas seperti toilet umum, gazebo, serta kios-kios kecil yang menjual berbagai aneka makanan dan minuman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.