Tempat horor itu asik!

Indonesia memang terkenal dengan kebudayaan. Bahkan mitos juga termasuk dari kebudayaan itu. Budaya di Indonesia kental dengan dunia mistis atau alam gaib. Mitos dan kisah seram berkembang dari mulut ke mulut dan masih dipercaya hingga kini. Dari lokasi-lokasi yang menyeramkan hingga mitos alam gaib, semua cerita-cerita ini menyatu dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Tentu saja ada yang tidak mempercayai, meski begitu cerita-cerita ini tetap berkembang dan diyakini sebagian orang, dan tentunya sulit hilang.

Namun faktanya , hal tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta tantangan. Kali ini kami merangkum beberapa tempat yang menyeramkan dan bisa kamu jadikan untuk wisata gaib. Simak terus ya!

1. Lawang Sewu, Semarang
Jika kamu sedang ke semarang jangan lupa mengunjungi salah satu destinasi yang terkenal akan kemistisannya ini. Lawang sewu berdiri sejak tahun 1904. Gedung ini bersejarah ini awalnya milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Gedung ini memiliki jumlah pintu yang sangat banyak, oleh karena itulah bangunan ini kerap disebut masyarakat sebagai lawang sewu. Tempat ini memiliki masa lalu kelam dimana pada tahun 1946 pernah dijadikan markas tentara belanda yang sudah pasti memiliki penjara bawah tanah. Menurut sejarah banyak tawanan meninggal saat dipenjara karena ukurannya yang mengharuskan tawanan hanya dapat jongkok untuk bergerak.

Untuk membuktikan suasana seram tempat ini silahkan dieksplor sendiri ya. Saya sebagai penulis sudah pernah berkunjung kesana dan merasakan sensasinya sendiri. Rasanya? Ahh mantap, satu album foto-foto saya sewaktu disana hilang hehe.

2. Pemakaman Desa Trunyan, Bali
Desa Trunyan terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali terkenal dengan tradisi pemakaman unik di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Desa Trunyan dikenal memiliki tradisi pemakaman yang unik dibandingkan desa-desa di Pulau Bali lainnya.

Desa Trunyan dikenal memiliki tradisi pemakaman yang unik dibandingkan desa-desa di Pulau Bali lainnya. Keunikan Desa Trunyan adalah tradisi meletakkan jenazah begitu saja di area pemakaman tanpa dikubur atau ngaben terlebih dahulu. Uniknya, area pemakaman tersebut tidak ada aroma bangkai atau tak sedap lainnya. Berani kesini?

3. Penjara Nusakambangan, Cilacap
Siapa yang tidak kenal dengan penjara satu ini? Penjara merupakan tempat dimana orang berbuat salah layak untuk dihukum. Kebanyakan orang yagn dihukum disini merupakan pelaku pelanggaran berat.

Hukuman yang berlaku pun bervariasi, biasanya hukuman mati. Di pulau nusakambangan ini terdapat satu bukit yang terkenal dan memiliki nama Bukit Nirbaya. Bukit ini terkenal karena disinilah ratusan nyawa melayang setelah eksekusi mati.

Banyak warga sekitar yang bilang kalau dari bukit ini sering terdengar suara teriakan atau rintihan dari arwah yang tidak tenang. Asik nih kesini.

4. Benteng Vredeburg, Yogyakarta
Kota Yogya terkenal dengan keindahan pantai, gunung, bukit dan keramahan warga-warganya. Namun siapa sangka, di kota ini terdapat banyak sekali bangunan bekas belanda yang menyimpan banyak misteri. Salah satunya adalah benteng Vredeburg.

Benteng vredeburg pertama kali dibangun pada tahun 1760 atas perintah dari Sri Sultan Hamengku Buwono I dan permintaan pihak pemerintah Belanda yang saat itu dipimpin oleh Nicholaas Harting yang menjabat sebagai Gubernur Direktur Pantai Utara Jawa.

Adapun dalih awal tujuan pembangunan benteng ini adalah untuk menjaga kemananan keraton. Akan tetapi, maksud sebenarnya dari keberadaan benteng ini adalah untuk memudahkan pengawasan pihak Belanda terhadap segala kegiatan yang dilakukan pihak keraton Yogyakarta.

Itulah beberapa wisata seram yang layak banget buat kamu coba. Selamat jalan-jalaaan

Leave a Comment

Your email address will not be published.